dibawah ini ada modifikasi Vario Honda Motor Trends Modif Monim Unik menarik, dimana motor Honda Vario ini sungguh sangat banyak yang menyukai dan memebelinya, untuk para modifikatornya juga tak kalah banyaknya. Lihat saja bersama dibawah ini.
Purwokerto.
Bambang Soni Harsono juragan Custom World (CW) Purwokerto kembali
bikin gebrakan. Rumah modif yang terletak di bilangan Jl. Sitompur
Purwokerto memang sering mendapat order skutik. Pasien Soni kali ini
Edi Bachtiar sobat karibnya semasa kuliah di Universitas Jenderal
Soedirman Purwokerto. Sedangkan objeknya adalah Honda Vario keluaran
tahun 2007, pun langsung dipreteli. Konsepnya berbeda dari biasanya.
Kental beraroma drag bike ala eropa.
Ternyata di Eropa sono, khususnya Jerman gaya drag skutik macam gini dapat predikat the best custom scooter.
Gak heran kalo Soni merubah tampilan Vario milik Edi Bachtiar
berdasarkan referensi beberapa majalah skutik dari Jerman. Hanya saja
ada beberapa variasi berasal dari Thailand. Pastinya donk, negeri gajah
putih itu merupakan surganya skubek. So, berbagai variasi pasti bejibun
jumlah dan macamnya. Konsep modif yang aku terapkan sekarang
merupakan gabungan antara Jerman dan Thailand tutur Soni.
Kita
lihat saja hasil jarahan modifikasi dari CW. Terlihat sederhana tak
banyak tambahan variasi namun berkarakter. Udah gitu, waktu yang
dibutuhkan untuk penggarapan skubek ini hingga finishing hanya lima hari
aje sob. Karena sasis motor masih utuh seperti semula, tanpa ada yang
dipotong ataupun dirubah jelas modifikator kelahiran tahun 1968.
Yap
betul, kecuali bodi bolt on bagian depan dipotong pada bagian sayap
bawah. Selain terlihat ramping, Hal ini juga dilakukan agar dibawah
bordes (pijakan kaki) terkesan seperti air scope motor street fighter
pada umumnya.
Pemasangan
pipa strut bar terbuat dari pipa stanleys berukuran 1 inchi. Supaya
terkesan menarik, kemudian dibungkus oleh dua tabung sok breker depan
merek posh. Sedangkan delta box dari pipa stanleys ukuran 1 inchi
terpasang mulai dari center bone hingga back bone. Ini hanya sebagai
syarat untuk bisa dikatakan aliran Dragstyle Scoot Germany papar pria
berkacamata yang selalu mengunjungi orang tua angkat di Berlin, Germany
tiap tahunya. Wah, kamuflase sasis tuh namanya, memang pipa stanleys
ini seolah sasis yang sesungguhnya. Sekadar memberi tahu, bahwa di
Jerman aliran dragstyle, sasis terpangkas habis kemudian dibuatkan
sasis yang baru. Tapi ini kan Indonesia bung! Jadi kita sesuaikan
dengan kondisi disini jujur Soni.
Kaki-kaki
depan skubek ini masih mengandalkan pabrikan. Untuk menyesuaikan
dengan karakter skubek Jerman maka ban diganti dengan profil lebih
lebar. Yaitu ban Delli Tire 100/70-14. Biar tak terkesan jingkrak sok
depan diturunkan 5 cm.
Sok belakang diganti dengan model yang bukan asepdon melainkan up side down
merek NTC. Begitu pula dengan ban nya menggunakan Delli Tire ukuran
120/70-14. Ada yang menarik, tuh liat pelek vario ini. Macam pelek ride
it bikinan rumah modif Ride It dari Thailand bukan? Tapi yang tertulis
di pelek itu adalah Custom World.
Urusan dapur pacu tak disentuh sekidit
eh sedikit pun oleh Soni. Jelas dong ini khusus buat custom show
jawab Soni. Memang kalo dilihat pada mesin skubek ini terkesan sporty
berkat pemasangan cover CVT produk Thailand. Apalagi ditambah knalpot
Honda Grand yang terpasang mengikuti kontur delta box. Mantaff kan
sob?
DATA MODIFIKASI
Ban Depan | Delli Tire 100/70-14 |
Ban belakang | Delli Tire 120/70-14 |
Sok belakang | NTC |
Filter karburator | Koso |
Knalpot | Honda Grand |
Setang Jepit | Kawasaki Ninja |
Handle rem | Ride It |
Bordes | Plat 1,2 mm |