wareh info sistem pengisian pada mobil ajib - terbaru memuaskan sekali ada dari wareh info sistem pengisian pada mobil ajib.
dibawah ini ada hal artikel mengenai sistem dan model tentang pengisian pada mobil, dimana banyak orang belum tahu tentang hal ini. Mari bersama-sama melihat infonya dibawah ini.
dibawah ini ada hal artikel mengenai sistem dan model tentang pengisian pada mobil, dimana banyak orang belum tahu tentang hal ini. Mari bersama-sama melihat infonya dibawah ini.
Baterai
dengan kapasitas tertentu, tidak memungkinkan dipakai secara
terus-menerus mensuplai kebutuhan listrik pada mesin atau komponen
lainnya pada mobil.
Oleh
karena itu, pada mobil dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengisi
baterai kembali sekaligus sebagai sumber listrik yang mensuplai listrik
langsung ke komponen yang membutuhkan pada saat mesin dihidupkan.
Sistem ini disebut sistem pengisian.
Komporen-komponen
utama sistem pengisian terdiri baterai,alternator,kunci kontak dan
regulator, seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
1. Alternator
Alternator
berfungsi untuk menghasilkan arus bolak-balik.alternator memsuplai
kebutuhan listrik pada mobil sewaktu mesin hidup. Tetapi apabila
jumlah pemakaian listrik lebih besar daripada yang dihasilkan
alternator, maka baterai lkut memikul beban kelistrikan tersebut.
memperlihatkan
konstruksi alternator,Alternator digerakkan oleh poros engkol melalui
tali kipas Dengan berputamya puli alternator, maka rotornya akan
berputar menghasilkan arus listrik bolak-balik pada stator. Arus
listrik bolak-balik ini kemudian diubah menjadi arus searah oleh
rangkaian dioda.
Bagian bagian alternator
a. PuIi
Puli berfungsi untuk menerima tenaga mekanis dari mesin untuk memutarkan rotor
b. Kipas
Kipas berfungsi mendinginkan ramgkaian dioda dan kumparan kumparan pada alternator.
c. Rotor
Didalam
alternator, rotor merupakan bagian yang bergerak (berputar) .Rotor
berfungsi untuk membangkitkan medan magnet . Kuku-kuku pada rotor
berfungsi sebagai kutub-kutub magnet dan dua slip ring berfungsi
sebagai perantara penyaluran listrik ke kumparan rotor. Perhatikan
gambar di bawah ini :
d. Stator
Stator berfungsi untuk membangkitkan arus listrik bolak-balik.
Stator terdiri dari : Stator Coil dan Stator Core
e. End frame
End frame berfungsi untuk pemegang bagian-bagian Alternator.
Pada end frame terdapat lubang-lubang ventilasi untuk tempat mangalirnya udara pendingin.
f. Rectifier
Rectifier berfungsi mengubah arus bolak-balik (AC) yang dihasilkan menjadi arus searah (DC).
Rectifier terdiri dari 3 dioda positif, 3 dioda negatif dan dioda holder.
dioda holder berfungsi untuk meradiasikan panas dan mencegah dioda panas
g. Regulator
Regulator
berfungsi mengatur besar arus listrik yang masuk ke dalam kumparan
rotor, sehingga tegangan yang dihasilkan oleh alternator tetap
(konstan) sesuai dengan harga yang telah ditentukan, walaupun putaran
mesin yang menggerakkan berubah-ubah. Di samping itu regulator juga
berfungsi pengisian pada baterai apabila baterai telah penuh dan
alternator sudah dapat menyuplai arus listrik sendiri ke bagian yang
memerlukan arus listrik.