Multi Info Sistem penyimpanan ban etnik - terbaik emnairk ajib azik ada dari Multi Info Sistem penyimpanan ban etnik.
Dibawah ini ada informasi yang mungkin sangat anda butuhkan untuk
menambah wawasan dan pengetahuan anda di dunia otomotif ini, dengan
begitu anda bisa berbagi lagi dengan teman yang lain. Lihat dibawah ini
saja.
Jika
ban tidak digunakan dalam waktu lama, simpanlah di tempat teduh yg
terlindung dari sinar matahari langsung, hujan dan lembab. Bersihkan
dulu sebelumnya.
1. Ban dengan velg terpasang di kendaraan
Ganjal gardan dgn jack stand di keempat roda dgn tekanan angin normal 30 psi.
2. Ban dan velg terpasang di kendaraan, tapi tidak diganjal
Beri tekanan angin 35 – 40 psi, utk menghindari permukaan ban jadi tidak rata.
3. Ban dan velg disimpan di gudang/garasi
Ban ditumpuk dan dialasi kayu tebal/lembaran karet, dgn tekanan angin 30 psi. Jauhkan dr bahan kimia & minyak.
TIPS LAIN
1. Periksalah selalu tekanan angin ban anda.
Lakukan
secara teratur sekurangnya 2-3 minggu sekali, atau sebelum melakukan
perjalanan jauh. Lakukan pemeriksaan di saat ban anda ’dingin’ (dari
kondisi 0 s/d 3 km). Jangan memeriksa tekanan setelah melakukan
perjalanan lebih dari 3 km; sebab panas akibat gesekan ban dgn aspal
membuat tekanan ban naik & menyebabkan pengukuran tekanan menjadi
tidak akurat.
Tekanan yg berlebihan (over inflation)
menyebabkan berkurangnya kemampuan ban menyerap getaran, menyebabkan
keausan yg tidak merata (ban gundul di tengah) serta keretakan pada
kembangan & dinding ban. Pada kecepatan tinggi, tekanan ban yg
berlebihan makin meningkat akibat panas yg terjadi, dapat berakibat
pecah ban.
Tekanan yg kurang (under inflation)
menyebabkan suhu ban meningkat & mengurangi daya tahan dinding
ban. Juga mempercepat keausan pada sisi2 pattern/kembangan ban. Dlm
kecepatan tinggi, dapat berakibat ban terlepas dari bibir velg. Bibir
velg juga bisa menggerus dinding ban yg beresiko pecahnya ban.
2. Jangan memasang ban yang berbeda (merk/jenis) di sumbu/poros yang sama.
Jika
anda terpaksa menggunakan ban yang berbeda merk/jenis, pasanglah
jenis/merk yang sama di kiri-kanan poros yang sama. ( Jangan di sisi yg
sama tapi di depan-belakang ! ).
Contoh: pada Jeep Cherokee Limited 4.0:
[ BENAR ]
Ban Depan kiri-kanan menggunakan Dunlop Grantrek AT-1 ukuran 30 inchi;
Ban Belakang kiri-kanan memakai Falken Landair T/A 30 inchi.
[ SALAH ]
Ban Depan & Belakang kiri menggunakan GT Savero AT Plus 30 inchi;
Ban Depan & Belakang kanan menggunakan Kumho Venture AT 30 inchi
Jika hanya sepasang ban steel radial yg dipakai, maka pasanglah pada poros roda belakang
3. Saat mengangkut beban berat – full
passengers, luggage, or towing purpose, tambahkan tekanan ban anda
sebesar 4 psi dari tekanan normal* (rekomendasi Australian Tyre
Manufacturers Association/ATMA).
Untuk penggunaan dgn kecepatan tinggi (>= 100 km/jam) selama lebih dari 1 jam,
tambahkan tekanan ban anda sebesar 4 psi dari tekanan minimum*.
Jangan mengisi tekanan angin >= 40 psi, sebab panas yg timbul
akibat gesekan ban dgn aspal di kecepatan tinggi, akan menaikkan
tekanan dlm ban.
*) tekanan normal / minimum / maksimum ban dpt ditanyakan kpd pabrikan / dealer yg bersangkutan saat anda membeli ban. Juga bisa dilihat di manual handbook / stiker info yg ada di kendaraan anda, jika ban anda masih standar pabrikan.
contoh stiker yg berisi info tekanan ban:
4. Special Purpose ( Especially for ‘Jip’ & SUV – Offroad Driving )
Trek berlumpur berat:
Kurangi tekanan ban utk mendapatkan traksi & flotation ability yg lebih baik
Trek berbatu kasar & rock crawling purpose:
Gunakan tekanan normal. Menambah / mengurangi tekanan akan beresiko menambah kerusakan pada tread & dinding ban.
Trek berpasir, gravel:
Dimungkinkan utk sedikit mengurangi tekanan utk mendapatkan traksi yg lebih baik
Trek banjir, susur sungai:
Gunakan tekanan normal