Friday, March 29, 2013

wareh modiuf Tambah Kapasitas Mesin Byson ajib

wareh modiuf Tambah Kapasitas Mesin Byson ajib - terbaru menarik maximal ajib azik sekali ada dari wareh modiuf Tambah Kapasitas Mesin Byson ajib.

Tambah Kapasitas Mesin Byson Yamaha Byson bisa dibilang menjual tampilan yang keren banget. Gimana enggak, dari pabriknya sudah dibekali bodi kekar dan kaki-kaki besar bak moge. Ibarat kata, hasrat konsumen pada motor berbodi besar telah dipenuhi pabrikan.
Tapi sayangnya penampilan tersebut enggak didukung performa mesin mumpuni. Itulah yang dikeluhkan Robby Usman, salah satu penunggang Yamaha Byson asal Jakarta. “Bodi sama kaki-kaki sih udah okelah, tapi mesinnya itu terasa kurang tenaga,” katanya. Makanya, oprek mesin dinilai sebagai langkah penyelesaian masalahnya.
Motor pun digiring menuju Gito Motorsport di bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Dan mesin pun dioprek serta harus menjalani rawat inap selama satu minggu untuk ptoses pengerjaan agar sesuai dengan keinginan Robby.
Memperbesar kapasitas ruang bakar jadi langkah yang ditempuhnya. Caranya dengan menggusur piston standar Yamaha Byson dan diganti piston tiger berdiameter 63,5 mm.
Proses instalasi piston milik macan enggak terlalu sulit karena diameter pen pistonnya sama, yakni 15 mm. Jika dihitung dengan rumus volume silinder maka hasilnya jadi 183 cc. Lumayan yah. Sesuatu banget…
Berikutnya yang terkena sentuhan adalah noken as yang dibubut. ”Gue ga tau tuh berapa derajat pastinya, pokoknya hasilnya motor jadi kenceng aja,” kata Robby diikuti senyuman. “Terus blok mesin sama head juga dipapas, total 1,5 mm untuk naikin kompresinya,” tambah Robby lagi.
Mesin sudah oke tapi kalau sistem pengkabutan masih bawaan pabrik maka akan kurang maksimal. Makanya Karbu Keihin PE 28 dipilih untuk menggantikan karbu aslinya yang pakai jenis vakum. Tentu, biar tarikan makin responsif pastinya.
Enggak ketinggalan, CDI Racing pakai BRT Dualband. “CDInya juga pakai punya Jupiter MX karena waktu itu belum ada khusus untuk Byson. Jadi tinggal merubah susunan kabel disoket CDI aja,” ujar pria berbadan gempal ini. Saluran gas buang juga diganti dengan model custom berlapis krom.
Selesai oprek mesin, biar tampilan kelihatan lebih garang, motor dibaluri cat merah dengan corak berwarna putih. Velg standar yang berwarna hitam juga diberi warna emas supaya ada sedikit unsur mewahnya.
Setelah rela menunggu, Robby cukup puas dengan performa motornya sekarang. Top speed motor sanggup menyentuh angka 135-140 km/jam. “Enggak tau spidometernya yang ngaco atau emang benar lari segitu ya,” ujarnya heran. Laagh, gimana sih?!
Data Modifikasi:
Ban depan-belakang     : Battlax BT45 110/70-17 & 130/70-17
Karburator                      : Keihin PE 28
Knalpot                             : Custom
Noken as                           : Custom
CDI                                      : BRT Dualband Yamaha Jupiter MX
Cakram belakang           : Aftermarket
 
dana-wareh || FEED RSS | Privacy Policy